D4 Teknik Elektronika Kembali Menyelenggarakan UJK Untuk Mahasiswa

Setelah sukses melaksanakan UJK untuk kali pertama (baca di sini) D4 Teknik Elektronika kembali meyelenggarakan UJK untuk mahasiswa dengan skema yang sama; yakni operator terlatih assembly & solder 3 pada tanggal 8 Juni 2021 bertempat di Lab Elektronika Dasar Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY. Dalam UJK kali ini diikuti oleh dua puluh peserta mahasiswa yang keseluruhannya adalah mahasiswa D4 Teknik Elektronika tahun ke 2. Dalam UJK kali ini, bertindak sebagai koordinator yakni Anggun Winursito mengatakan bahwa mahasiswa mengikuti UJK ini dengan gratis tidak dipungut biaya apapun. Mahasiswa hanya perlu mempersiapkan diri dengan belajar dan berlatih sebelum mengikuti UJK ini. 

Seperti pada UJK sebelumnya, D4 Teknik Elektronika bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Elektronika Indonesia (LSP EI) dalam hal asesor dan assesment-nya. Sedangkan prodi hanya menyiapkan tempat uji kompetensi (TUK) nya saja karena Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY telah menjadi TUK untuk skema-skema UJK yang lain. Selama pelaksanaan UJK ini, protokol kesehatan juga dijaga sangat ketat. Mengingat kegiatan ini dilakukan di tengah pandemi covid-19 sehingga baik asesor, peserta UJK, dan pihak-pihak terkait lainnya harus terus mengenakan masker selama kegiatan, menjaga jarak, dan tidak melakukan aktivitas makan serta minum saat kegiatan UJK berlangsung. 

Di akhir pelaksanaan UJK, ke-dua puluh mahasiswa dinyatakan layak dan kompeten di skema operator terlatih assembly & solder 3. Anggun Winursito di akhir kegiatan juga berharap semoga kegiatan UJK ini dapat terus dilaksanakan sehingga lulusan D4 Teknik Elektronika dapat menjadi SDM yang unggul, berkompeten, dan siap untuk kerja. (MIL)