Studi Banding Kevokasian D4 Teknik Elektronika FT UNY ke Sarjana Terapan Teknik Elektronika PENS

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) merupakan salah satu Politeknik yang menyelenggarakan prodi Sarjana Terapan Teknik Elektronika. Pengalaman PENS dalam pengelolaan prodi Sarjana Terapan sudah dikenal khalayak umum merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Oleh karena itu Prodi Sarjana Terapan Teknik Elektronika FT UNY mengadakan studi banding mengenai tata kelola Prodi Sarjana Terapan Teknik Elektronika dalam bidang Akademik, Kurikulum, Pengembangan SDM, Penelitian dan Tata Kelola Laboratorium.

Studi banding dilaksanakan pada Jum'at 5 Agustus 2022 pada pukul 09.00 - 15.00 WIB bertempat di Gedung Pascasarjana PENS dan Laboratorium yang ada di Prodi Teknik Elektronika. Koordinator Prodi Sarjana Terapan Teknik Elektronika UNY, Dr. Aris Nasuha, S.Si., M.T. beserta dengan beberapa tenaga pengajar yang turut, Ir. Ardy Seto Priambodo, S.T., M.Eng., Anggun Winursito, S.Pd., M.Eng., Oktaf Agni Dhewa, S.Si., M.Cs., Ir. Satriyo Agung Dewanto, S.T., S.Pd.T., M.Pd., Arya Sony, S.T., M.Eng., Gilang Nugraha Putu Pratama, S.Si., M.Eng., Rizqi Aji Surya Putra, S.Pd., M.Pd. serta Andika Brahmantara disambut oleh Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknik Elektronika Dr.Ing Arif Irwansyah, S.T., M.Eng. dan Ketua Program Studi D3 Teknik Elektronika, Dr. Alrijadjis, Dipl.Eng, MT. beserta beberapa tenaga pengajar, Ali Husein Alasiry, S.T., M.Eng., dan Hendhi Hermawan, S.ST., M.Tr.T.

Topik pada studi banding yang didiskusikan adalah mengenai kurikulum terutama implementasi kurikulum MBKM, pengelolaan penelitian dan pengabdian masyarakat serta pengelolaan Laboratorium. Dalam paparannya, Dr.Ing Arif Irwansyah, S.T., M.Eng. menyampaikan bahwa terdapat beberapa perubahan kurikulum dalam penyempurnaan kurikulum MBKM. Proses penyempurnaan ini dilaksanakan dengan penerapan kurikulum berbasis OBE dengan profil lulusan seorang profesional di bidang instrumentasi industri berbasis sistem elektronika, otomasi industri, serta pengembangan hardware dan sistem benam.

Selain menyampaikan terkait dengan kurikulum, Dr.Ing Arif Irwansyah, S.T., M.Eng. juga menyampaikan dalam pengelolaan riset di Prodi Sarjana Terapan Teknik Elektronika terdapat beberapa riset grup pada bidang-bidang yang terkait dengan Teknik Elektronika diantaranya adalah Robotika dan Artificial Intelligence dan Sistem Benam. Harapannya dengan pengelompokan riset dalam sebuah kelompok, dosen dapat saling berkolaborasi dalam penelitian maupun pengabdian masyarakat.

Kegiatan studi banding diakhiri dengan kunjungan laboratorium yang ada di prodi Sarjana Terapan Teknik Elektronika PENS. Terdapat 4 laboratorium yang dikunjungi yaitu, Laboratorium AI dan Robotika, Laboratorium Sistem Embedded, Laboratorium Elektronika Industri dan Laboratorium Elektronika Dasar. Setelah itu kegiatan ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama di depan Gedung Pascasarjana PENS.