D4 Teknik Elektronika FT UNY Menerima Kunjungan D4 Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar

Program Studi Sarjana Terapan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) pada hari Rabu, 29 Juni 2022, menerima kunjungan dari Program Studi Sarjana Terapan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. Dalam kunjungan studi banding di Prodi Sarjana Terapan Teknik Elektronika FT UNY, rombongan dari Prodi Sarjana Terapan Teknik Elektronika FT UNM mengagendakan tentang sharing informasi terkait kurikulum terutama implementasi program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Rombongan yang dipimpin oleh Dr. Hendra Jaya, S.Pd., M.T. (Koordinator Prodi D4 Teknik Elektronika UNM) beserta seorang dosen dan 16 mahasiswa diterima dengan baik oleh Dr. Aris Nasuha, S.Si., M.T. (Koordinator Prodi D4 Teknik Elektronika UNY), Ir. Ardy Seto Priambodo, S.T., M.Eng., Anggun Winursito, S.Pd., M.Eng., Oktaf Agni Dhewa, S.Si., M.Cs., Gilang Nugraha Putu Pratama, M.Eng. di Ruang Sidang KPLT FT UNY Lantai 2.

    

Dalam kunjungan tersebut kedua belah pihak saling berdiskusi tentang penerapan kurikulum yang selaras dengan program MBKM. Mata Kuliah Praktik Industri dan Magang menjadi topik yang dibahas dan didiskusikan secara intens karena beberapa mahasiswa perwakilan D4 Teknik Elektronika UNM sedang melaksanakan kegiatan Magang di salah satu perusahaan di Yogyakarta. Kurikulum yang fleksibel terhadap program-program yang ada adalah kunci agar mahasiswa dapat mengikuti program MBKM dengan efektif dan efisien. Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh mahasiswa D4 Teknik Elektronika UNM terkait dengan pelaksanaan Praktik Industri dan Magang yang dilaksanakan di D4 Teknik Elektronika UNY. Pada prodi D4 Teknik Elektronika UNY terdapat 2 Mata Kuliah yang berkaitan dengan Praktik Industri yaitu Praktik Industri Terbimbing (PIT) dan Praktik Industri Mandiri (PIM) yang harapannya membuat mahasiswa mendapatkan pengalaman yang utuh terkait dengan dunia industri. Hal ini diapresiasi oleh perwakilan D4 Teknik Elektronika UNM karena mahasiswa D4 Teknik Elektronika sudah seharusnya porsi praktik terutama dari dunia industri harus cukup.

Kunjungan yang dimulai pada pukul 14.00 WIB tersebut di samping mengagendakan tentang pembahasan kurikulum, juga terbukanya peluang kerjasama antara kedua belah pihak dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia khususnya pada Program Studi Sarjana Terapan Teknik Elektronika,  baik dalam segi  penelitian dosen, publikasi  jurnal maupun kerjasama yang lainnya. Sesi kunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama di Ruang Sidang KPLT FT UNY.