Mahasiswa D4 Teknik Elektronika Berprestasi Dalam Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)

Irwan Ardiansyah, mahasiswa D4 Teknik Elektronika angkatan 2019 bersama rekan-rekan setimnya (tim Rosemery) berhasil meraih prestasi berupa juara 1 dalam Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) wilayah I yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan Universitas Gadjah Mada pada 23 s.d. 25 September lalu melalui kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI). Kontes robot ini, secara keseluruhan diikuti oleh 140 tim dari 58 universitas yang terbagi dalam enam divisi. Di divisi KRSTI sendiri, Tim Rosemery harus bersaing dengan 18 perguruan tinggi lain yang tersebar di wilayah bagian barat Indonesia (Sumatera, sebagian Jawa Barat, dan Yogyakarta). 

Dalam perlombaan di divisi KRSTI kali ini, tema yang diangkat adalah Tari Gambyong Pareanom yang merupakan tarian tradisional berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menaklukkan tema tarian tersebut, tim Rosemery menurunkan dua robot cantik kembarnya yang telah terkenal berhasil membawakan berbagai tarian tradisional. Dengan gerakan elok dan lemah gemulai, kedua robot kembar tersebut berhasil membawakan Tari Gambyong Pareanom dengan sempurna dan berhasil meraih juara 1 serta Best Artistic.

Irwan Ardiansyah, yang tergabung dalam tim Rosemery tersebut berperan sebagai hardware programmer yang menangani seluruh aspek fisik robot. Sebagai hardware programmer, Irwan Ardiansyah harus mampu memastikan bahwa seluruh aspek fisik robot dapat berfungsi dengan kapasitas penuh sehingga dapat menjalankan segala instruksi dari program yang telah ditanamkan pada memori robot.

Atas raihan juara 1 serta best artistic ini, Tim Rosemery berhak mengikuti kompetisi serupa di tingkat nasional yang akan digelar pada tanggal 12 s.d. 17 Oktober 2021 mendatang. Sukses selalu Irwan Ardiansyah bersama Tim Rosemery, doa dan dukungan kami selalu menyertaimu! (MIL)