Workshop Penyusunan Kurikulum OBE Prodi D4 Teknik Elektronika FT UNY

Kurikulum adalah perangkat pembelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja.

Namun kenyataan di lapangan mengungkapkan bahwa masih adanya kesenjangan antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia kerja. Untuk menjembatani kesenjangan tersebut pemerintah sudah mulai menerapkan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) baik bagi PTS maupun PTN di Indonesia.

Oleh karena, sebagai salah satu program studi garda terdepan dalam mencetak tenaga kerja profesional elektronika di Indonesia, program studi D4 Teknik Elektronika menyelenggarakan workshop evaluasi dan penyelarasan kurikulum pada hari Minggu, 21 Agustus 2022 di Hotel Grand Rohan Jogja. Pelaksanaan workshop ini bertujuan untuk memastikan kurikulum D4 Teknik Elektronika selalu selaras dengan program pemerintah yakni kurikulum berbasis OBE.

Workshop ini selain dihadiri oleh dosen homebase D4 Teknik Elektronika, juga dihadiri oleh dosen pengajar mata kuliah program studi dan perwakilan dari pengurus jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika. Dalam workshop ini dilakukan berbagai kegiatan yang diantaranya perumusan ulang profil lulusan/Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan menyesuaikan SDM, perumusan kembali capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang kemudian diturunkan menjadi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan diteruskan hingga penyusunan ulang daftar mata kuliah prodi serta dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS)-nya.

Di akhir workshop ini diperoleh draft kurikulum D4 Teknik Elektronika yang siap untuk diujikan dan diselaraskan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).