Dosen D4 Teknik Elektronika Berikan Pelatihan Internet of Things ke Komunitas Robotika Guru - Guru Balai TEKKOMDIK DIY

Elektronika adalah salah satu bidang ilmu yang banyak mengalami sorotan karena sangat cepatnya perkembangan teknologi akhir dekade ini. Tim PkM Vokasi UNY datang dengan tema “Peningkatan Kompetensi Embedded Programming pada Guru-Guru Komunitas Robotika pada Balai Tekkomdik DIY untuk Aplikasi IoT” pada usahanya mengabdikan diri kepada masyarakat. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah salah satu bentuk tanggung-jawab dosen kepada lingkungan sosial sekitar karena profesinya sebagai pendidik.

  

Kegiatan PkM dilaksanakan setiap tahun untuk membantu masyarakat memecahkan masalah sehari-hari. Tentu tidak semua masyarakat menjadi subjek dari kegiatan yang dijalankan. Kelompok masyarakat yang dipilih adalah organ sosial yang siap menerima bimbingan dan memiliki peluang besar untuk dapat memanfaatkan wawasan baru yang akan didapatkan pada bidang Elektronika.

Dipilihlah komunitas Robotika se-DIY sebagai subjek penerima bimbingan dari tim PkM. Komunitas ini berisi guru-guru tingkat menengah sampai atas yang memiliki ketertarikan terhadap bidang ilmu robotik. Kegiatan bimbingan dihadiri oleh 24 guru-guru dari komunitas. Tim PkM dari vokasi UNY sendiri dikoordinir oleh Ir. Ardy Seto Priambodo, S.T., M.Eng dan beranggotakan Arya Sony, M.Eng, Gilang Nugraha Putu Pratama, M.Eng dan Oktaf Agni Dhewa, M.Cs. yang semuanya adalah dosen dari Prodi Teknik Elektronika Fakultas Vokasi UNY.

  

Pembimbingan dilaksanakan dengan durasi 2 hari yaitu tanggal 11-12 Juli 2023. Kegiatan awalnya direncanakan pada hari senin 10 Juli 2023 namun terkendala bentrok hari pertama anak-anak SMP-SMA masuk sekolah, sehingga kegiatan pembimbingan diundur sehari setelahnya.

Lokasi pembimbingan dipilih dengan pertimbangan lokasi yang mudah dijangkau semua elemen baik dosen maupun guru-guru komunitas. Dipilihlah lokasi Balai Tekkomdik (Teknologi Komunikasi Pendidikan) DIY yang beralamat di Jl. Kenari No.2, Semaki, Umbulrejo, di pusat Kota Yogyakarta. Balai Tekkomdik menyediakan sarana dan prasarana bagi warga Jogya untuk meningkatkan dan mengembangkan skill warganya pada bidang yang berkaitan dengan teknologi.

  

Kegiatan PkM dibuka oleh koordinator tim PkM pada selasa pagi dan dilanjutkan pemberian materi oleh tim. Hampir semua guru-guru komunitas sudah siap menerima materi karena berprofesi sebagai guru elektronika. Materi pelatihan yang dibimbingkan diantaranya pengenalan IoT, sensor aktuator, IoT Platform, keamanan sampai pada tips-tips praktikal pembuatan sistem IoT. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan kalimat pemantik semangat dari koordinator “Diharapkan bapak ibu sekalian dapat membawa pengetahuan ini ke sekolah masing-masing, sehingga anak-anak kita semakin bertambah wawasannya. Terutama penggunaan ESP32 sebagai perangkat IoT karena harganya yang murah namun memiliki kemampuan yang hebat”.