Dosen Berkegiatan di Luar Kampus: Pelatihan Pembuatan Video Ajar dengan OBS Studio di SMK N 1 Pundong

Era Revolusi Industri 4.0 merupakan era transformasi digital yang mengubah tatanan hidup manusia menjadi serba digital tak terkecuali pada bidang pendidikan. Era ini sering disebut sebagai era disrupsi. Di era disrupsi ini, guru dapat mengoptimalkan peran utamanya dalam membimbing, memotivasi, mengarahkan, dan memfasilitasi aktivitas belajar siswa dengan memanfaatkan TIK. Dengan demikian, guru dituntut untuk dapat mengkreasikan media ajar yang lebih menarik, dan dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Namun, belum semua institusi pendidikan termasuk di SMK mengoptimalkan pemanfaatan TIK  dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dalam rangka program dosen berkegiatan di luar kampus, tim dosen Prodi Teknik Elektronika Fakultas Vokasi UNY yang diketuai oleh Dr. Aris Nasuha, S.Si., M.T mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan video ajar melalui OBS Studio di SMK N 1 Pundong, Bantul.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2023 di ruang perpustakaan SMK N 1 Pundong diikuti oleh 25 guru. Kegiatan ini dibuka oleh Sutapa, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK N 1 Pundong. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program SMK dalam rangka pemasyarakatan literasi digital. Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan sangat membantu proses pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan mampu mendorong guru untuk berkreativitas dalam penyusunan bahan ajar dan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa.

Dalam kesempatan tersebut, tim dosen yang terdiri dari Dr. Aris Nasuha, S.Si., M.T., Purno Tri Aji, M.Eng., Moh Alif Hidayat Sofyan, M.Pd., dan Septian Rahman Hakim, S.Kom., M.Pd. serta dibantu oleh mahasiswa Cipto Sabdo Prabowo. Materi pertama yang disampaikan berupa materi pengantar dengan judul Pembelajaran di Era Pendidikan 4.0 dengan Pemanfaatan  Teknologi Digital untuk Pembuatan Video Ajar.  Acara dilanjutkan ke inti pelatihan yaitu instalasi dan penjelasan fitur OBS Studio serta praktik penggunaan OBS Studio untuk membuat bahan ajar. Materi terakhir yang disampaikan yaitu bagaimana mengunggah bahan ajar di YouTube agar dapat diakses oleh siswa.

Selama kegiatan berlangsung, antusiasme peserta pelatihan sangat tinggi. Banyak pertanyaan dari peserta selama sesi praktik pembuatan bahan ajar dengan OBS Studio. Pada sesi akhir pelatihan, peserta diberi penugasan untuk membuat bahan ajar sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dengan menggunakan OBS Studio. Selama penugasan, peserta akan didampingi oleh tim dosen secara online. Pada akhirnya nanti, peserta akan mempresentasikan hasil video ajar yang telah dibuatnya. “Kami berharap kegiatan ini berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya dengan topik-topik yang memang dibutuhan oleh SMK” ujar Dr. Aris Nasuha, S.Si., M.T selaku ketua kegiatan.