Workshop Penyelerasan Kurikulum D4 Teknik Elektronika dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri

Kurikulum merupakan salah satu faktor penting yang menentukan selaras atau tidaknya lulusan vokasi dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Hal ini dikarenakan kompetensi yang dibutuhkan oleh DUDI selalu berkembang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, infrastruktur, bisnis digital, hingga pasar yang sangat cepat. Oleh karena itu, institusi pendidikan vokasi sudah semestinya rutin melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang berjalan dan melakukan penyelerasan bersama DUDI untuk memastikan kurikulumnya selalu update terhadap kebutuhan DUDI.

Hal inilah yang dilakukan oleh prodi D4 Teknik Elektronika di awal kalender akademik 2022/2023. Prodi D4 Teknik Elektronika melaksanakan kegiatan evaluasi dan penyelerasan kurikulum bersama dengan DUDI pada Sabtu, 3 September 2022 di Hotel Grand Rohan, Yogyakarta. Dalam kegiatan ini, prodi D4 Teknik Elektronika mengundang berbagai mitra DUDI dari berbagai bidang. Di bidang robot, IoT, dan Elektronika, prodi D4 Teknik Elektronika mengundang PT. Stechoq Robotika Indonesia, PT. Inamas Sintesis Teknologi, PT. Widya Inovasi Indonesia, PT Sebangku Jaya Abadi, PT. Bisa Artifisial Indonesia, PT. Suri Tani Pemuka, dan Terra Weather Pte. Ltd sebagai narasumber. Sedangkan di bidang pengembangan perangkat lunak, prodi D4 Teknik Elektronika mengundang PT. Qatros Teknologi Nusantara. DUDI yang diundang oleh prodi D4 Teknik Elektronika ini pada umumnya merupakan DUDI yang sebelumnya menjadi mitra magang mahasiswa D4 Teknik Elektronika. Untuk melanjutkan Kerjasama yang sudah terjalin melalui kegiatan magang, prodi D4 Teknik Elektronika mengundang DUDI tersebut dalam kegiatan evaluasi dan penyelerasan kurikulum dengan DUDI.

Selama kegiatan evaluasi dan penyelarasan kurikulum banyak saran, masukan serta evaluasi terhadap kurikulum D4 Teknik Elektronika. Sebagian besar perwakilan dari DUDI menyoroti pada penggunaan perangkat praktik yang mesti diupdate sesuai dengan kebutuhan DUDI saat ini. Selain itu, salah satu perwakilan dari DUDI juga menyoroti pada bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang sering dilewatkan. Padahal di DUDI K3 merupakan hal yang penting dan harus ada sebelum memulai sebuah pekerjaan.

Kegiatan yang dilaksanakan satu hari penuh ini diakhiri dengan penyusunan draft Implementing Agreement (IA) Kerjasama evaluasi dan penyelerasan kurikulum dengan DUDI untuk satu tahun ke depan.